Rabu, Mei 05, 2010

LI(T)BANG: INTRODUCTION *)

Sebelum diuraikan lebih lanjut mengenai Bidang Penelitian dan Pengembangan (LItbang) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) VISI FISIP UNS, terlebih dahulu kita menilik ulang sejarah perkembangan internal Bidang tersebut. LPM VISI FISIP UNS selangkah lebih maju dalam pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM). Dikatakan demikian karena pengelolaan SDM telah terpisah dari kinerja Bidang Litbang. Hal ini berawal dari Musyawarah Besar (Mubes) XVIII yang merekomendasikan peninjauan ulang Pedoman Sistem Kaderisasi (PSK) LPM VISI yang dirancang kurang lebih lima tahun silam. Pembahasan PSK ini terus berlanjut pada kepengurusan periode 2007/2008 yang lalu. Hingga pada perkembangannya, tim perumus PSK merekomendasikan perubahan arahan PSK, dimana pengkaderan di LPM VISI masih berada di bawah naungan Bidang Litbang.
Seiring berjalannya waktu, rekomendasi ini dirasa memiliki kelemahan, yakni Bidang Litbang menjadi tidak fokus dalam menjalankan double job tersebut. Maka, berdasarkan pertimbangan dan peninjauan ulang dalam forum pembahasan PSK, disepakati LPM VISI melahirkan Bidang baru yang khusus berkonsentrasi pada pengembangan kader, yang kemudian dinamakan Bidang Kaderisasi. Bidang ini mulai berjalan dari kepengurusan 2008/2009 kemarin.
Setelah menengok sejarah perkembangan internal Bidang Litbang yang melahirkan Bidang Kaderisasi, selanjutnya kita melangkah pada uraian perkembangan Bidang Litbang pada kepengurusan 2009/2010 yang saat ini tengah berjalan. Struktur Organisasi Bidang Litbang LPM VISI, ialah Pemimpin Litbang, Staf Departemen Pendukung Penerbitan, dan Staf Pewacanaan Eksternal. Berkedudukan sebagai Pemimpin Litbang adalah Johan Bhimo Sukoco. Staf Departemen Pendukung Penerbitan digawangi Adinda Nusantari dan Rizki Pratama Nusantara. Sedangkan pada posisi Staf Pewacanaan Eksternal diperkuat oleh Ansyor dan Duratun Nafisah.
Masing-masing jabatan memiliki Mekanisme Kerja (MK) yang digunakan sebagai acuan dalam pelaksanaan tugas. Pemimpin Litbang bertugas mengkoordinasi dan mengontrol antar Departemen. Selain itu Pemimpin Litbang juga bertugas atas kerja penelitian, peningkatan mutu penerbitan, dan menyebarluaskan gagasan melalui kegiatan non penerbitan. Pemimpin Litbang mempertanggungjawabkan tugas-tugasnya ini kepada Pemimpin Umum.
Dalam menjalankan tugasnya, Pemimpin Litbang dibantu oleh Staf Departemen Pendukung Penerbitan dan Staf Departemen Pewacanaan Eksternal. Staf Departemen Pendukung Penerbitan memiliki tugas melakukan penelitian yang mendukung penerbitan, melakukan evaluasi atas terbitan, serta mendokumentasikan data yang mendukung penerbitan. Staf Departemen Pendukung Penerbitan bertanggung jawab kepada Pemimpin Litbang. .
Berikutnya, ialah Staf Departemen Pewacanaan Eksternal. Tugas-tugas yang diemban Staf Departemen Pewacanaan Eksternal antara lain: mengadakan sosialisasi terbitan, melakukan penelitian mandiri dan kemudian mempublikasikannya, serta mengembangkan wacana dan budaya intelektualitas civitas akademika. Staf Departemen Pewacanaan Eksternal bertanggung jawab kepada Pemimpin Litbang.
Adapun Garis-garis Besar Haluan Program Kerja (GBHPK) yang menjadi landasan Bidang Litbang dalam menjalankan Program kerja (Proker) antara lain: meningkatkan intelektualitas dan kreatifitas anggota, mengoptimalkan penerbitan produk jurnalistik dan non jurnalistik sebagai sarana pengkritisan kondisi sosial di lingkungan sekitar organisasi, dan mengoptimalkan kerja-kerja non penerbitan sebagai sarana untuk menanggapi kondisi sosial di lingkungan sekitar organisasi.
Bidang Litbang memiliki sejumlah proker yang mengacu pada GBHPK di atas, antara lain: penelitian dan pencarian data terbitan, evaluasi terbitan, pengelolaan web (blog dan facebook), diskusi eksternal, launching majalah, dan penelitian non jurnalistik. Dengan eratnya semangat kekeluargaan dan kuatnya solidaritas team, kuantitas proker yang cukup banyak ini tidak menjadi problem internal Bidang Litbang. Setidaknya sampai posting ini dimuat, masing-masing personel masih kukuh dengan idealismenya memajukan Bidang Litbang. Semoga kedepannya Bidang Litbang semakin menunjukkan geliat eksistensinya. Mari berdoa.


*) Penulisan judul “LI(T)BANG” menunjukkan korelasi kuasa Tuhan (symbol “T”) dalam perlindungan dan rahmat-Nya pada proses perkembangan Bidang Litbang LPM VISI. Penulis terinspirasi oleh film “Cin(T)a”, dengan sutradara Sammaria Simanjuntak.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Semoga tidak salah berharap. Amien.
-Litbang, Bhimo-